Sunday, 26 January 2014

Cara Menghemat Baterai Windows Phone

Baterai merupakan salah satu "sumber kehidupan" utama sebuah smartphone. Siapa sih yang tak mengharapkan baterai smartphone-nya awet/tahan lama? Anda yang aktif dan kerap menggunakan fitur/aplikasi di smartphone baik untuk hiburan, perkerjaan maupun komunikasi pasti akan mencari smartphone dengan kapasitas baterai yang besar. Atau, minimal didukung sistem "Power management" yang tangguh.
Secara umum, supaya baterai smartphone bisa bertahan lebih lama sebaiknya matikan koneksi jika tidak digunakan, atur tingkat kecerahan layar, gunakan tema background gelap, matikan auto update dan singkronisasi. Namun untuk pengguna Windows Phone 8 semisal Nokia Lumia 920, ada cara yang lebih mudah dan ampuh, yakni dengan memanfaatkan fitur "Penghemat Baterai/Battery Saver". Dengan fitur ini, Anda bisa mengaturnya untuk aktif kapan pun baterai smartphone Anda hampir kehabisan daya, atau bisa juga dibuat seterusnya.
 
Secara teknis, saat Anda mengaktifkan fitur Penghemat Baterai ini smartphone otomatis akan mematikan beberapa fungsi yang umumnya tetap beroperasi di latar belakang alias 'background'. Diantaranya:
 
Anda tidak lagi menerima pembaruan email atau kalender secara otomatis.
1
Anda tidak lagi bisa perbarui beberapa Live Tile.
 
Anda hanya dapat menggunakan aplikasi saat terbuka (tidak dalam modus background).
2
Namun, meski fitur Penghemat Baterai ini aktif, Anda tetap dapat melakukan dan menerima telpon, SMS dan browsing internet.
 
Untuk mengaktifkan fitur Penghemat Baterai di Windows Phone 8, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.
 
1. Dari menu utama, masuk ke  App List dan buka 'Settings'.
3
2. Selanjutnya, pilih 'Battery Saver'.
4
3. Geser mode Battery Saver ke pilihan 'On'.
5
4. Berikutnya, pilih 'advanced'.
6
5. Di pengaturan ini, Anda akan menemukan tiga opsi pengaturan Battery Saver yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan.
 
a. When battery is low. Opsi ini bisa dipilih untuk mengaktifkan Battery Saver jika kondisi baterai tinggal 20%.
b. Now until next charge. Jika Anda ingin menyalakan Penghemat Baterai sekarang dan membiarkannya menyala hingga Anda menyambungkan telepon dengan pengisi daya.
c. Always. Opsi ketiga ini sebenarnya tidak disarankan, karena akan menon-aktifkan beberapa fungsi penting smartphone selama Battery Saver aktif.
7
Saat Penghemat Baterai menyala, ikon baterai akan terlihat seperti ini.
8
Selamat mencoba! ALASKA PULSA
Reaksi: